MAKANAN YANG BAIK DAN SEHAT UNTUK BUKA PUASA

Bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim melaksanakan puasa wajib. Puasa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, baik jasmanai maupun rohani dari sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Menjaga kesehatan saat puasa di bulan ramadhan merupakan keharusan, salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan setiap makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk makan terlalu banyak atau berlebihan saat berbuka puasa, apalagi dengan hidangan yang lezat dan mengundang selera. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi makanan harus sesuai sehingga apa yang di konsumsi mempunyai nilai gizi yang baik dan tidak memberikan dampak negatif setelahnya.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa

1. Kurma

Kurma merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berta terlebih dahulu saat hendak berbuka puasa. Usahakan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan, salah satunya adalah kurma. Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

3. Air Putih

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk langsung meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, agar cairan dalam tubuh yang hilang kembali normal.

4. Buah-buahan Segar

Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna oleh usus. Pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu usahakan mengonsumsi buah yang kaya serat, seperti pisang dan pepaya  karena buah tersebut mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang.

5. Sayur-sayuran

Sayuran sangat cocok untuk makanan berbuka puasa karena sangat mudah dicerna oleh tubuh. Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang, itulah sebabnya perlu makan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras. Sayuran yang di rekomendasikan adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

6. Ikan

Ikan di konsumsi sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa. Ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena daging ikan mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

7. Telur

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi. Karena dalam satu telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino.

Demikian beberapa jenis makanan yang sangat baik di konsumsi saat berbuka puasa.

Post Author: islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *